Berikut Hewan Ekstrem yang Dijadikan untuk Obat Tradisional Tiongkok

Berikut Hewan Ekstrem yang Dijadikan untuk Obat Tradisional Tiongkok

Berikut Hewan Ekstrem yang Dijadikan untuk Obat Tradisional

Berikut Hewan Ekstrem yang Dijadikan untuk Obat Tradisional – Pengobatan Tiongkok sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Teknik medis pertama yang muncul dari negara tersebut berasal dari abad ke-2 sebelum Masehi. Sejak saat itu la, teknik tersebut teradopsi oleh para dokter dari berbagai negara dan disebut sebagai Traditional Chinese Medicine (TCM).

Baca juga : Bikin Ngiler, Teknologi Ini Buat Kamu Bisa Cicipi Makanan Digital

Banyak teknik yang terlihat aneh dan terkadang menyeramkan. Misalnya terapi akupuntur yang dilakukan dengan menusukkan banyak jarum ke tubuh pasien. Namun masyarakat Tiongkok tidak menciptakan pengobatan mereka dengan sembarangan, lho. Banyak orang yang mengaku sembuh dari penyakit hanya dengan pengobatan alternatif tersebut.

Tiongkok juga memiliki beragam obat yang berasal dari bahan yang mungkin tidak ingin kamu bayangkan tetapi terbukti ampuh melawan penyakit. Apa saja bahan-bahan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Gecko

Gecko atau tokek adalah salah satu bahan populer untuk obat tradisional China. Binatang tersebut dipercaya link alternatif live22 berkhasiat untuk menyembuhkan batuk dan demam karena baik untuk paru-paru dan ginjal manusia.

Dengan memberikan nutrisi untuk dua organ tersebut, batuk akan reda dengan cepat, bahkan melebihi kemampuan dari obat batuk yang biasa kita minum. Para ahli juga percaya bahwa gecko bisa mengobati impotensi dan ejakulasi dini pada laki-laki.

Jamur Ulat

Jamur ulat adalah jamur parasit yang hidup sebagai spora di punggung ngengat pegunungan. Seperti parasit pada umumnya, ia menyerap energi inangnya hingga mati. Setelahnya jamur tersebut akan mengubah wujudnya mirip seperti ulat. Pada saat itulah ia diambil dan dikeringkan untuk obat.

Masyarakat Tiongkok percaya bahwa jamur bernama ilmiah Cordyceps ini bisa mengobati masalah pada ginjal dan hati. Sebagian atlet juga menggunakannya untuk meningkatkan stamina. Dilansir dari List Verse, penelitian baru menunjukkan bahwa jamur ulat juga bisa melawan sel kanker dan mengecilkan tumor. Berkhasiat sekali ya!

Bintang Laut

Bintang laut terkenal dengan khasiat anti-inflamasinya. Oleh karena itu hewan laut ini digunakan untuk menyembuhkan diabetes, arthritis, penyakit jantung, alzheimer, parkinson, bahkan untuk melawan kanker. Hal ini dikenal hingga ke dunia medis Negara Barat.

Rusa

Rusa adalah binatang yang terkenal kuat dan gagah. Karakteristik tersebut hampir sama dengan khasiat yang dimilikinya untuk manusia. Masyarakat Tiongkok mengambil bagian otot hewan tersebut karena memiliki khasiat menguatkan tulang dan tendon.

Manfaat lainnya adalah untuk mengurangi kejang pada otot dan meredakan arthritis. Ini karena rusa, terutama pada bagian ototnya memiliki kadar kolagen dan protein yang tinggi.

Kura-kura Tempurung Lunak

Biasanya kura-kura tempurung lunak digunakan sebagai campuran sup karena rasanya yang enak. Namun mereka ternyata juga terkenal akan khasiatnya sebagai obat tradisional. Apa saja?

Di antaranya adalah menutrisi darah, menyembuhkan diare, dan meningkatkan sistem imun manusia. Kura-kura tempurung lunak juga sering menjadi campuran produk kecantikan karena kaya akan kolagen dan mineral.

Kuda Laut

Hewan laut ini dikenal dengan aktivitas reproduksinya tidak biasa. Jika pada umumnya betina yang hamil, kuda laut jantanlah yang mengemban peran tersebut. Sementara untuk khasiatnya, kurang lebih terletak pada ranah yang sama yaitu masalah reproduksi.

Masyarakat Tiongkok mengeringkan kuda laut dan menjadikannya obat untuk menaikkan stamina seksual. Selain itu kuda laut juga dipercaya baik untuk kesehatan ginjal, asma, kelelahan, dan penyakit mental.

Kecoak

Tentu fakta yang mengejutkan untukmu kan? Kecoak yang selama ini kita anggap sebagai parasit ternyata bisa dijadikan obat. Masyarakat Tiongkok bahkan membuat peternakan khusus untuk mengembangbiakkan hewan mengerikan ini. Pada tahun 2013 sempat ada bencana karena jutaan kecoak kabur dari peternakannya.

Lantas apa khasiatnya? Mereka dianggap bisa menyembuhkan luka bakar, tuberkulosis, gastroenteritis atau flu perut, dan maag. Hewan tersebut diekstrak dan dijadikan sirup obat.

Memang tampak mengerikan, tetapi hewan-hewan di atas memang berkhasiat, lho. Jika kamu berminat untuk mencoba, sebaiknya tes alergi terlebih dahulu ya.

Sumber : idntimes.com