Bulan Juni ada Fenomena Langit

Bulan Juni ada Fenomena Langit

Bulan Juni ada Fenomena Langit

Bulan Juni ada Fenomena Langit – Fenomena langit bulan Juni 2020 diwarnai oleh Gerhana Bulan Penumbra, Gerhana Matahari Sebagian, serta pertemuan Bulan dan Planet di langit malam.

Planet

Merkurius. 

Selama bulan Juni, Merkurius masih bisa diamati di rasi gemini setelah Matahari terbenam. Akan tetapi, planet ini tidak selamanya cukup tinggi di ufuk barat setelah Matahari tenggelam. Waktu terbaik mengamati Merkurius adalah awal Juni saat Merkurius menanjak naik di ufuk barat kala senja menuju titik elongasi timur maksimumnya dari Matahari.

Setelah itu, Merkurius akan terus mengejar Matahari sampai akhir Juni ketika Dewa Pembawa Pesan menghilang di balik cahaya Matahari saat menuju konjungsi inferiornya di awal Juli.

Sebelum benar-benar menghilang dari langit senja, Merkurius akan berpapasan dengan Bulan di penghujung bulan Juni meski agak sulit diamati karena cahaya senja yang mendominasi.

Venus.

Bintang Kejora ini bisa diamati di rasi taurus pada bulan Juni. Awal Juni, Venus sudah menghilang dari langit senja di balik cahaya Matahari saat menuju konjungsi inferiornya. Pada saat konjungsi inferior, Venus akan berada di antara Matahari dan Bumi.

Karena itu Venus akan menghilang untuk beberapa waktu dari pandangan pengamat. Setelah konjungsi inferiornya, Venus bisa diamati sebelum Matahari terbit mulai pertengahan Juni. Planet ini akan terus menanjak naik di langit fajar dan cukup tinggi untuk diamati pada penghujung bulan Juni.

Mars, Jupiter & Saturnus. 

Ketiga planet ini bisa diamati setiap malam selama bulan Juni. Dua planet gas raksasa Jupiter dan disusul Saturnus terbit sebelum tengah malam dan disusul Mars setelah lewat tengah malam. Awal Juni, Bulan berpapasan dengan Jupiter dan Saturnus sehingga tampak membentuk segitiga di langit malam.

Selang empat hari, Bulan berpapasan dengan Mars. Selama bulan Juni, Mars bisa diamati di rasi Aquarius dan pada akhir Juni, planet merah tersebut sudah berada di rasi Pisces. Sementara itu, planet Jupiter dan Saturnus bisa diamati di rasi Sagittarius dan Capricornus.

Uranus & Neptunus.

Planet es raksasa ini terlalu redup untuk diamati dengan mata tanpa alat. Siapkan teleskop jika ingin melihat kedua planet es tersebut.

Di awal Juni, planet Uranus bisa diamati jelang fajar. Akan tetapi, planet ini terus beranjak naik di langit malam setiap harinya sehingga menjelang akhir juni, sudah bisa diamati lewat tengah malam sampai fajar.  Sementara itu, Neptunus bisa diamati sejak tengah malam sampai fajar selama bulan Juni.