Cara Meningkatkan Performa Android, Mudah dan Lebih Cepat

Cara Meningkatkan Performa Android, Mudah dan Lebih Cepat

Cara Meningkatkan Performa Android

Cara Meningkatkan Performa Android – Smartphone merupakan perangkat yang seiring terus bertambahnya usia atau pemakaian dapat menjadi lambat atau lemot. Ini jadi isu atau masalah yang tidak yang dimiliki oleh hp dengan spesifikasi yang rendah saja. Namun juga HP-HP kelas atas yang bisa mengalami penurunan performa setelah beberapa bulan pemakaian.

Baca juga : Grab dan Gojek Diminta Buka Fitur Antar Penumpang Usai PSBB

Untungnya, ini bukan masalah besar yang butuh penyelesaian rumit. Terdapat beberapa cara atau langkah yang bisa dicoba untuk membuat HP menjadi lebih cepat lagi seperti awal beli. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ulasannya.

Uninstal Bloatware

Sebagian besar HP diluar Google Pixel dan Android One, hadir dengan aplikasi bawaan berbentuk bloatware. Umumnya, aplikasi yang juga kerap disebut pre-installed ini memakan cukup banyak kinerja dengan berjalan di latar belakang dan membuat HP menjadi lemot. Untungnya, aplikasi semacam ini bisa dimatikan atau dalam beberapa kasus, di-uninstal.

Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu pergi ke Settings > Apps dan pilih mana aplikasi pre-installed yang ingin kamu hapus. Jika ingin lebih mudah lagi, kamu juga bisa menghapusnya via Files by Google.

Instal Aplikasi Versi Ringan

Salah satu alasan mengapa HP menjadi lemot adalah aplikasi yang terpasang, terlalu ‘kuat’ untuk spesifikasi perangkat yang minim. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba versi ringan dari aplikasi yang kamu gunakan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan Facebook Lite sebagai pengganti Facebook atau Twitter Lite sebagai pengganti Twitter. Selain memakan lebih sedikit kinerja, aplikasi-aplikasi ringan atau lite tersebut juga lebih hemat kuota. Nah, apabila HP yang kamu gunakan termasuk ke dalam kelas entry-level, direkomendasikan juga untuk menggunakan aplikasi berbasis Android Go.

Gunakan File by Google

Google meluncurkan Files, aplikasi manajemen penyimpanan yang apik dan sangat membantu, terutama bagi pengguna yang ingin HP mereka memiliki performa yang lebih gesit. Files memiliki desain minimalis dan mudah untuk digunakan. Di samping tab Browse untuk mengakses penyimpanan, Files juga dilengkapi dengan tab Clean.

Fungsi dari tab Clean adalah untuk membantu pengguna mengetahui sisa penyimpanan pada HP mereka, lengkap dengan tip tentang cara menghemat lebih banyak ruang penyimpanan. Selain itu, pengguna juga dapat menghapus data cache aplikasi lewat Files.

Hindari Penggunaam Live Wallpaper

Dengan label ‘live’ atau hidup, tak heran jika Live Wallpaper mengonsumsi banyak kinerja dan sering kali membuat HP menjadi agak lambat – terutama pada HP dengan spesifikasi terbatas. Jika kamu merasakan kelambanan ketika beralih antara aplikasi atau saat keluar dari aplikasi ke layar utama, cobalah untuk menggunakan wallpaper statis atau yang biasa saja. Apabila kamu bingung di mana tempat mencari wallpaper yang ‘ringan’ dan tidak memakan banyak performa, cobalah aplikasi Minima dan Wallpapers dari Google.

Optimalkan Baterai

Jika kamu merasa baterai HP kamu cepat habis dari biasanya, umumnya itu disebabkan oleh aplikasi yang ‘tersangkut’ dan berjalan di latar belakang. Jadi, ada baiknya untuk memantau penggunaan baterai HP kamu secara teratur.

Untuk caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu membuka Settings > Battery untuk melacak aplikasi yang bermasalah, dan memilih Force Stop untuk menghentikannya dari berjalan di latar belakang. Kabar baiknya, HP yang menjalankan Android 9 Pie atau ke atas, memiliki mode Adaptive Battery baru yang dapat memantau dan menghentikan aktivitas semacam itu secara otomatis.

Matikan Alwsya on Display

Di satu sisi, fitur seperti always on display sangat membantu karena memungkinkan pengguna untuk melihat jam atau notifikasi, tanpa perlu membuka HP. Namun di sisi lain, fitur yang secara tidak langsung terus menerus mengaktifkan layar ini, menghabiskan tidak sedikit daya baterai.

Apabila kamu mendapati HP kamu mengalami penurunan daya tahan baterai ketika fitur ini dinyalakan, maka matikan saja untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk mematikan fitur ini, kamu bisa langsung ke Settings, lalu pilih di antara Display atau Lock Screen.

Demikian tadi ulasan sekaligus tip membuat HP Android kamu menjadi lebih cepat. Jika kamu memiliki tip atau trik lain, jangan malu-malu untuk membagikannya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Sumber : idntimes.com