Daftar penemuan teknologi sains yang membantu kehidupan sehar- hari

Daftar penemuan teknologi sains yang membantu kehidupan sehar- hari

Teknologi sains yang canggih

Daftar penemuan teknologi sains yang membantu kehidupan sehar- hari – Perkembangan teknologi yang semakin canggih di masa kini memiliki banyak peran, hampir di setiap aspek kehidupan. Teknologi diciptakan untuk memudahkan berbagai hal, baik yang rumit maupun mudah sekalipun, tak terkecuali sains. Teknologi dan sains bagaikan dua saudara kembar yang sulit untuk dipisahkan. Dari tahun ke tahun, perkembangan dunia sains maju sangat pesat dibarengi dengan penemuan-penemuan teknologi yang menunjang kecepatan peneliti dalam bidang sains.

Dirilis dari WHO, Gaming Disorder yang didefinisikan dalam Revisi ke-11 International Classification of Diseases (ICD-11) sebagai pola perilaku permainan (“digital-gaming” atau “video-gaming”) yang ditandai oleh gangguan kontrol atas game. Adanya peningkatan prioritas yang diberikan untuk bermain game alih-alih aktivitas lain, game lebih diutamakan daripada minat dan aktivitas harian lainnya, dan adanya peningkatan permainan meskipun terjadi konsekuensi negatif. Oleh WHO, kecanduan game ini diklasifikasikan sebagai gangguan yang disebabkan dari kebiasaan atau kecanduan. Dampak bermain game secara berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan fisik dan psikologis, seperti anti sosial, depresi, mata rabun, sakit kepala, dan gangguan tidur.

Manusia Hasil Rekayasa Genetika

Amerika Serikat pada 2017, mengizinkan penyembuhan dua jenis kanker darah dan penyebab kebutaan, lewat terapi genetika. Caranya dengan modifikasi gen kekebalan tubuh pasien, agar mengenali sel kanker sebagai musuh dan membunuhnya.

Sementara pada kasus kebutaan, rekayasa genetika dilakukan langsung pada gen tertentu di mata, tanpa mempengaruhi bagian tubuh lain.

Mengoperasi Embrio Dalam Kandungan

Menggunting gen yang sakit dan menggantinya dengan gen sehat, pada janin yang masih dalam kandungan, juga telah sukses diujicoba di Amerika Serikat.

Eksperimen dilakukan pada emrbio dalam rahim yang mengidap kelainan jantung. Terapi gen semacam ini diharapkan bisa menyembuhkan kanker, sistik fibrosis, atau HIV.

Mikro Organisme Jadi Pabrik Obat

Teknik rekayasa genetika pada 2018 juga membuka cakrawala baru dalam bidang biologi sintetik. Gabungan cabang biologi dan teknik keinsinyuran, akan melakukan modifikasi DNA mikro organisme menjadi pabrik farmasi ukuran mikro.

Makhluk hidup artifisial mikro, nantinya bisa direkayasa memproduksi insulin atau molekul yang jadi basis pembuatan obat baru.

Mesin Pengontrol Hujan untuk Dataran Tibet

Cina mengumumkan rencananya untuk membuat mekanisme pengontrol cuaca terbesar di dunia. Mesin ini nantinya memiliki fungsi untuk memodifikasi cuaca.

Forbes menuliskan, perusahaan Sains dan Teknologi Aerospace milik negara Cina punya rencana untuk mengirim ribuan mesin penghasil hujan di seluruh Dataran Tinggi Tibet, untuk meningkatkan curah hujan di sepanjang wilayah tersebut.

Mesin-mesin ini akan menghasilkan partikel iodida perak yang sangat halus yang kemudian diangkat ke atmosfer dengan angin upwelling. Ketika partikel-partikel ini terdispersi ke atmosfer, mereka bertindak sebagai titik nukleasi air kental.

NASA Me-launching Parker Space Probe

NASA me-launching Parker Space Probe yang akan menjadi misi pertama ke matahari bahkan di dalam inti dalamnya, yaitu korona. Pesawat ini akan diberikan pelindung komposit karbon 4,5 inci (11,43 cm), yang bisa menahan suhu di luar pesawat ruang angkasa yang mencapai hampir 2.500 fahrenheit atau 1,377 celsius. Dikutip dari situs resmi milik NASA, Parker Solar Probe akan melakukan penyelidikan ilmiah di daerah berbahaya dari radiasi panas dan matahari yang sangat kuat. Pesawat ruang angkasa ini akan terbang cukup dekat ke matahari untuk menyaksikan kecepatan angin matahari naik dari subsonik ke supersonik dan akan tetap terbang meskipun berada di tempat kelahiran partikel tenaga surya tertinggi.