Dampak dari Kemajuan Teknologi, Tidak Selalu Berdampak Positif

Dampak dari Kemajuan Teknologi, Tidak Selalu Berdampak Positif

Dampak dari Kemajuan Teknologi

Dampak dari Kemajuan Teknologi – Perkembangan teknologi memang tidak bisa lagi ditepis karena sifat dari manusia itu sendiri yang selalu berusaha untuk terus maju. Dampak dari kemajuan teknologi adalah semakin mudahnya aktivitas yang dilakukan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.

Baca juga  :Rekomendasi Pilihan Populer Keyboard Gaming dari Logitech

Oleh karena itu, semakin berkembangnya teknologi maka akan semakin menunjangnya tingkat efektivitas sebuah kegiatan. Namun, banyak orang yang terlarut dalam kemudahan yang didapatkannya sampai lupa bahwa hal itu akan berdampak buruk bagi kehidupannya. Jika tidak percaya, simaklah penjealsan berikut ini.

Sikap Ketergantungan

Tidakkah kamu menyadari bahwa semakin majunya sebuah teknologi, maka akan semakin terbantu semua aktivitas pada kehidupan sehari-hari. Oleh sebab bantuan tersebut, manusia pasti akan merasa tidak bisa hidup jika tak menggunakan keduahan yang diciptakan oleh teknologi.

Semua hal itu tercermin pada kehidupan saat ini. Banyak orang yang terlalu memanjakan dirinya dalam menggunakan teknologi sampai lupa bahwa hakikat manusia itu sebenarnya harus tetap bergerak secara fisik. Jika hal itu terus-terusan terjadi, maka kemungkinan manusia akan lupa terhadap apa yang sebenarnya dilakukan dalam hidup.

Pola Pikir Manusia Akan Menurun

Semakin seringnya seseorang bergantung pada teknologi, maka tidak dapat dimungkiri bahwa orang live22 apk download tersebut akan malas untuk mengembangkan diri. Memang tidak boleh menggeneralisir dengan hal semacam itu, tetapi realitanya pada saat ini memang seperti itu.

Mereka akan menganggap bahwa teknologi itu sudah maju, maka tidak diperlukan lagi eksplorasi berlebihan yang dapat menunjang hidup. Hal itu seratus persen disalahkan karena manusia itu perlu mengembangkan diri, terutama pola pikir agar generasi selanjutnya bisa merasakan sama seperti yang ada pada masa sekarang.

Kehidupan Sosial Semakin Pudar

Pada hakikatnya manusia itu makhluk sosial dan tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, jika kamu memilii sifat tertutup terhadap lingkungan sekitar maka hidupmu akan lebih sengsara karena tidak akan ada yang membantumu.

Kemajuan teknologi telah membuat perubahan pada budaya manusia yang sebelumnya bersosialisasi langsung dengan pertemuan tatap muka, berganti dengan saling sapa lewat dunia maya. Namun jika kamu tidak bisa meninggalkan media sosial, buatlah semuanya jadi seimbang dan jangan berat sebelah.

Sifat Malas Mudah untuk Tumbuh

Pada saat ini, kemajuan teknologi semakin tidak terbendung, contoh gampangnya adalah media sosial. Semua orang pasti tidak asing dengan hal itu dan pastinya ikut bergabung dalam menikmati platform tersebut.

Kemunculan media sosial banyak menimbulkan polemik karena tidak sedikit orang yang kecanduan akan hal itu. Semua yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, begitu pula media sosial. Orang-orang pasti akan merasa malas untuk pergi kemana-mana karena asyiknya berselancar di dunia maya.

Tindak Kejahatan Berkembang Pesat

Semakin majunya teknologi di dunia ini, akan semakin banyak juga modus kejahatan baru yang sangat merugikan orang lain. Contoh yang paling nyata adalah penyebaran berita bohong. Dengan semakin mudahnya penyebaran informasi, maka akan semakin mudah pula penyebaran berita hoaks yang akan merugikan orang banyak.

Selain itu, berkembangnya teknologi juga dapat menimbulkan terciptanya senjata-senjata baru model baru yang bisa menunjang meningkatnya tingkat kejahatan. Terorisme adalah salah satu contoh yang paling kongkrit pada saat ini.

Itulah kelima dampak buruk yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. Namun, kamu tidak bisa menggeneralisir bahwa semua teknologi itu sifatnya jahat dan menyebabkan keburukan. Hal itu tergantung seberapa bijaksana seorang manusia dalam menggunakan teknologi.

Sumber : idntimes.com