Jawa Sering Gempa dalam Seminggu Ini, Adakah Hubungannya?

Jawa Sering Gempa dalam Seminggu Ini, Adakah Hubungannya

Jawa Sering Gempa dalam Seminggu Ini, Adakah Hubungannya?

Jawa Sering Gempa dalam Seminggu Ini, Adakah Hubungannya? – Minggu ini, ada banyak gempa berpusat di darat dan di laut di sekitar pulau Jawa. Getaran dengan berbagai bervariasi dirasakan di beberapa daerah. Sukabumi, misalnya, terguncang oleh gempa tektonik berkekuatan (M) 5.1, Selasa (2020/03/10). Kemudian, setelah gempa 3,7 M dan menggelengkan Purwakarta dan Cianjur, Rabu (2020/03/11). Kamis (2020/12/03), ada gempa 5.0 M di selatan Jawa terasa ke berbagai daerah di Jawa Timur dan Yogyakarta.

Dalam situasi ini, Mr. Widjo ahli tsunami mengatakan gempa gempa nomor Kongko menunjukkan bahwa aktivitas akhir tekntonik. Meskipun ilmu pengetahuan belum diketahui dengan pasti, kata dia, beberapa gempa bumi besar yang didahului oleh gempa bumi atau preshock awal.

“Oleh karena itu, penyusunan dan pemantauan dari ancaman gempa bumi besar atau megathrust diperlukan terutama di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa,” kata Mr Widjo kepada Kompas.com, Jumat (03 / 13/2020).

Area utama yang perlu untuk melaksanakan persiapan dan pemantauan adalah kota-kota pesisir di pantai yang banyak perumahan di mana destinasi wisata pesisir, aset infrastruktur seperti pelabuhan atau bandara dan industri seperti listrik tenaga uap (tanaman energi).

Adapun hubungan antara gempa ini terjadi, Mr Widjo mengatakan lokasi asal dan mekanisme gempa gempa berbeda dari satu ke yang lain. “Dalam ilmu belum memiliki dasar teoritis jika gempa gempa terkait atau tidak. Tapi itu mungkin, bukan hanya belum mengerti mekanisme,” katanya.