Mobil Bermuka 2 Ini Bikin Geger Nitizen Bandung

Mobil Bermuka 2 Ini Bikin Geger Nitizen Bandung

Mobil Bermuka 2 Ini Bikin Geger Masyarakat Bandung dan Netizen

Mobil Bermuka 2 Ini Bikin Geger Nitizen Bandung – Baru-baru ini netizen di Indonesia dihebohkan dengan berita mobil bermuka dua. Berita ini pun menjadi viral dan jadi perbincangan banyak orang di Indonesia. Mobil bermuka dua ini memang sangat unik, karena baik bentuk dan juga interior dalamnya pun diubah total.

Mobil itu merupakan milik Roni Gunawan, pengusaha berusia 71 tahun. Mobil yang dikerjakan tiga mekanik itu membutuhkan waktu 3,5 bulan untuk melakukan perombakan. Meski berujung kena tilang dan dilarang digunakan di jalan raya oleh Polisi, namun apresiasi terus berdatangan terhadap mobil tersebut.

Mobil ‘bermuka dua’ asal Bandung sampai sekarang masih menjadi bahan obrolan warganet. Bahkan, mobil yang berbasis dari Toyota Limo ini sampai mendapat sorotan media asing.

Mobil ini berkepala dua bukan karena kelainan genetis, melainkan memang sengaja dimodifikasi

Menurut Budi, salah satu pegawai bengkel yang terlibat dalam pengerjaan mobil, pemilik mobil bermaksud memodifikasi mobil untuk keperluan mengukuti kontes. Dilansir dari laman Kompas.com, menurut Budi, pengerjaan mobil tersebut memakan waktu selama 6 bulan dengan bantuan 10 orang pekerja.

Dari hasil modifikasi, terlihat bahwa kendaraan tersebut memiliki mesin ganda dan tempat duduk yang saling membelakangi. Begitu pula dengan setir, pedal gas, maupun tongkat persneling.

Pertama kali muncul di Bandung

Mobil dengan bentuk yang tidak lazim ini pertama kali terlihat di kota Bandung pada hari Senin. Mobil tersebut menjadi unik karena tidak memiliki bagian belakang alias bagian depan semua! Mobil sedan bekas kendaraan taksi itu dibeli oleh pemiliknya hingga dimodifikasi sedemikian rupa. Mobil tersebut dipotong menjadi 2 bagian dan hanya menyisakan bagian depan kendaaan yang digabung menjadi 1. Alhasil, mobil tersebut memiliki 2 mesin dan 2 kemudi dalam 1 kendaraan.

Turut Memeriahkan Ajang Otomotif Indonesia International Motor Show

Sayangnya, mobil bermuka dua tersebut dianggap tidak layak jalan

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Persyaratan Laik Jalan, mobil tersebut tidak diijinkan untuk beroperasi di jalan karena tidak memenuhi ketentuan Pasal 23 ayat (2) Undang-Undang tersebut. Selain karena tidak memiliki lampu mundur, dimensi kendaraan tidak sesuai sebagaimana yang telah ditetapkan. Terlebih, mobil tersebut memiliki mesin ganda.

Ketentuan lain yang tidak sesuai karena belum adanya izin ubah bentuk ganti nama dan memiliki 2 plat nomor dalam 1 kendaraan. Jadi dengan kata lain, mobil tersebut dilarang untuk digunakan untuk kepentingan operasional sehari-hari.