Obat – obatan tradisional yang begitu banyak manfaat

Obat - obatan tradisional yang begitu banyak manfaat

Obat tradisional indonesia

Obat – obatan tradisional yang begitu banyak manfaat – Kesehatan adalah harta paling berharga, setuju kan? Dalam menjaga kesehatan, banyak cara yang bisa dilakukan tetapi yang terpenting adalah soal pencegahan. Sebelum jatuh sakit, ada baiknya kita tetap menjaga kondisi kesehatan dan menjalani hidup yang berkualitas.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi tanaman obat tradisional. Apa saja tanaman obat tradisional yang bisa ditanam dan digunakan untuk menjaga kesehatan.

Jahe

Dikenal sebagai tumbuhan yang ampuh untuk menghangatkan dan membuang angin dalam tubuh, tanaman obat tradisional ini juga dikenal seluruh dunia sebagai salah satu ramuan terbaik untuk kesehatan. Selain sering digunakan sebagai bumbu masakan, ada banyak manfaat jahe untuk kesehatan manusia.

Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat tradisional yang bersifat diaphoretic, artinya bisa memicu keluarnya keringat dan proses detoksifikasi. Kandungan gingerol juga dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar dan pembentukan tumor. Mengkonsumsi jahe panas juga bisa membuat rasa kenyang, sehingga berat badan bisa terjaga dan dapat meningkatkan kualitas hidup jadi semakin baik.

 Beras Kencur

Sesuai dengan namanya, jamu ini dibuat dari ekstrak atau sari kencur dan beras. Namun, ditambahkan pula sari jahe dan sari asam. Jamu beras kencur rasanya manis dan segar, cocok untuk diminum anak-anak dan orang dewasa. Manfaat jamu ini adalah untuk menambah nafsu makan, menambah tenaga, menghilangkan pegal-pegal di tubuh.

Kunyit Asam

Jamu kunyit asam dibuat dari kunyi dan asam jawa. Selain itu, ditambahkan juga bahan lain seperti gula merah, temulawak, dan rempah lain. Kunyit asam biasanya diminum oleh anak remaja untuk mencerahkan kulit. Sebab, dalam kunyit terkandung antioksidan yang membantu meremajakan sel-sel tubuh kita.

Temulawak

Tanaman obat tradisional temulawak identik dengan warna kuning muda yang khas. Senyawa kimia dalam temulawak diantaranya adalah kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Dari segi manfaat kesehatan, temulawak sudah terbukti secara ilmiah dapat melindungi pencernaan dan menjadi salah satu obat kanker yang mujarab.

Terlebih lagi, tanaman obat tradisional ini juga bisa melindungi hati dari hepatotoksin, yaitu bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati. Temulawak memiliki khasiat baik sebagai obat anti radang, anti bakteri, anti jamur, obat jerawat, hingga obat diuretik yang dapat mencegah penyakit pada hati, jantung, dan ginjal. Tanaman obat tradisional temulawak juga bisa kamu tanam sendiri di teras rumah.

Kumis Kucing

Untuk keluhan asam urat, saluran kemih, hingga batuk, coba dulu tanaman obat tradisional dari tumbuhan kumis kucing. Banyak yang sering merebus daun Kumis Kucing dan diminum secara rutin untuk meredakan rasa sakit infeksi saluran kemih, mengobati gangguan ginjal, rematik, batuk, hingga gusi bengkak. Pasalnya, tanaman obat tradisional ini mengandung kadar kalium, glikosida dan orthosiponon yang cukup tinggi. Alhasil, khasiatnya juga akan sangat terasa jika diminum secara rutin.