Particulate Matter, Pulutan Berbahaya untuk Pernapasan Manusia

Particulate Matter, Pulutan Berbahaya untuk Pernapasan Manusia

Pulutan Berbahaya untuk Pernapasan Manusia

Pulutan Berbahaya untuk Pernapasan Manusia – Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan semakin meluas. Masyarakat mulai banyak yang terganggu aktivitasnya akibat kualitas udara yang sangat buruk. Penyebabnya adalah banyaknya polutan yang ada di udara, salah satunya Particullate Matter, atau yang sering disebut PM. Sebenarnya apa sih PM itu? Apakah dia berbahaya? Mari kita pelajari bersama-sama.

Baca juga : Seru, Razer Rilis Teknologi Terbaru untuk Android Universal

Apa Itu Particullate Matter?

Particullate Matter (PM) merupakan aplikasi idn poker terbaru salah satu hasil pembakaran yang tidak sempurna. Ia terdiri dari 3 bagian, condensed organic material, soot particle, dan fly ash (inorganic). Bagian terbesarnya adalah soot, atau unburnt carbon. PM dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan ukuran. PM10 merupakan PM dengan ukuran 2,5-10 mikron, sedangkan PM2,5 merupakan PM dengan ukuran di bawah 2,5 mikron.

Seberapa Berbahaya?

Ya. Semakin kecil ukuran PM semakin berbahaya bagi tubuh karena semakin kecil ukurannya berarti akan semakin mudah baginya untuk masuk ke dalam tubuh tanpa bisa tersaring oleh filter tubuh kita. Partikel kecil tersebut bahkan bisa masuk ke dalam bagian terkecil dari sistem pernapasan kita.

Bagaimana PM Terbentuk?

PM merupakan hasil dari pembakaran yang tidak sempurna. Bisa jadi karena banyaknya pengotor pada bahan bakar, kurangnya oksigen sehingga tidak tercapai kesetimbangan stoikiometri, dan sebagainya. Kedua hal tersebut jelas terjadi di pembakaran lahan gambut. PM, yang sebagian besar merupakan karbon yang tidak terbakar, akan mudah dideteksi dalam polusi karena warna dasar karbon adalah hitam. Jadi semakin pekat asapnya, semakin tinggi pula konsentrasi PMnya.

Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Di dalam mesin bakar, PM biasanya disaring menggunakan filter khusus. Sedangkan dalam industri batu bara, PM direkatkan dengan electric precipitator. Untuk skala rumah tangga, sendiri bisa menggunakan air cleaner atau air purification system. Namun hal ini akan sia-sia manakala udara kotor tersebut mengepung sekeliling rumah bahkan satu kota.

Tindakan personal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker khusus seperti N95 yang diklaim dapat menyaring 95% partikel berukuran 0,3 mikron. Gunakan masker tersebut sepanjang hari bahkan ketika tidur. Ganti masker secara berkala agar masker tetap bekerja efektif.

Seperti itulah Particullate Matter yang ada di dalam polusi udara kita. Masih mau menganggap urusan kabut asap ini urusan biasa? Yuk sama-sama kita tingkatkan kesadaran semua pihak agar bencana kabut asap ini bisa segera terselesaikan.