Penjelasan Sains, Alasan Mengapa Sikap Berterima Kasih Itu Penting

Penjelasan Sains, Alasan Mengapa Sikap Berterima Kasih Itu Penting

Sikap Berterima Kasih Itu Penting

Sikap Berterima Kasih Itu Penting – Sikap berterima kasih berarti mengapresiasi dengan penuh rasa syukur dengan apa yang diberikan oleh orang lain serta bersyukur atas apa yang dimiliki dan dirasakan saat ini. Sikap berterima kasih bukan hanya dengan mengucapkan ‘terima kasih’ saja saat diberi hadiah atau saat di tolong oleh orang lain tetapi memiliki perasaan mengapresiasi secara tulus dan penuh makna terhadap apa yang didapatkan dan apa yang dilakukan oleh orang lain.

Baca juga : Tidak Pernah Terjawab, Tantangan Sains Bagi Teori Bumi Datar

Dengan memiliki sikap berterima kasih, kamu akan memiliki pemikiran dan pandangan yang positif sehingga bisa berdampak positif terhadap kehidupan. Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 alasan mengapa memiliki sikap berterimakasih itu penting.

Kesehatan Mental

Memang tidak bisa dipungkiri jika memiliki rasa berterima kasih bisa berefek positif dalam kesehatan mental. Dilansir dari psychologytoday.com, berterimakasih bisa mengurangi emosi negatif seperti kecemburuan, kebencian dan frustasi. Menurut Robert A Emmons, seorang professor psikologi dari Universitas California mengatakan bahwa rasa berterimakasih bisa secara signifikan meningkatakan kebahagiaan sekaligus mengurangi depresi dan mengurangi pikiran untuk bunuh diri

Memiliki perasaan bersyukur juga berdampak terhadap kekuatan mental. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan bersyukur bukan hanya dapat mengurangi stress tetapi juga berperan penting dalam mengatasi trauma terutama bagi penderita post traumatic stress disorder.

Memperkuat Hubungan Antara Individu

Kita sering kali mengabaikan rasa berterima kasih terhadap orang lain, padahal hal tersebut sangatlah berpengaruh dalam memperluas dan mempertahankan hubungan dengan orang lain. Dilansir dari psychologytoday.com, terdapat studi yang menunjukkan bahwa dengan berterimakasih dengan kenalan baru berpengaruh dalam membuat hubungan antar individu yang bersifat berkelanjutan.

Perasaan berterima kasih sangatlah penting dalam hubungan yang bersifat jangka panjang misalnya pasangan hidup. Dengan mengekspresikan rasa syukur melalui perbuatan yang baik terhadap pasangan berperan penting dalam ikatan pasangan karena bisa membentuk kepercayaan dan keintiman. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan upaya untuk menyenangkan pasangan berkolerasi dalam kepuasan pernikahan dari waktu ke waktu serta bisa mencegah perceraian.

Kesehatan Fisik

Dilansir dari greatergood.berkeley.edu, orang yang penuh rasa berterima kasih dilaporkan menunjukkan lebih sedikit masalah kesehatan seperti sakit kepala. Infeksi saluran pernafasan dan masalah pencernaaan. Orang yang selalu bersyukur lebih sering menjaga dan merawat tubuh sehingga mereka akan lebih sering berolahraga. Melakukakan medical check up secara rutin sehingga akan berdampak terhadap umur yang panjang.

Tingkatkan Kualitas Kepercayaan Diri

Memiliki sikap berterima kasih bisa meningkatkan rasa percaya diri karena bisa mengurangi perbandingan sosial, mengapa?Orang yang memiliki rasa bersyukur akan melihat dan menghargai pencapaian yang dilakukan orang lain bukan dari kekayaan atau jabatan yang dimiliki.

Dilansir dari psychologytoday.com, studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Sport Psychology. Bahwa atlet yang memiliki rasa bersyukur bisa meningkatkan kepercayaan diri yang mana merupakan aspek penting dalam meningkatkan peforma atlet.