Rasi bintang ini keindahannya bikin takjub

Rasi bintang ini keindahannya bikin takjub

Rasi bintang ini keindahannya bikin takjub

Rasi bintang ini keindahannya bikin takjub – Konstelasi atau yang umumnya dinamakan dengan rasi bintang merupakan sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus.

Jika dilihat dari kacamata historis, mayoritas dari rasi bintang yang kita tahu dan lihat di langit malam berasal dari mitologi Yunani.

Penasaran apa saja konstelasi terindah di langit malam beserta mitologinya? Berikut daftarnya.

1. Aquarius.

Aquarius
Aquarius

Ini nerupakan salah satu rasi bintang terbesar, paling populer, dan paling tua di antara rasi bintang bernama lainnya. Aquarius sulit ditemukan di langit malam. Dalam mitologi Yunani, Aquarius melambangkan Ganymede, seorang pria muda yang tampan. Zeus menyadari ketampanan lelaki tersebut dan mengundang Ganymede ke Gunung Olympus (tempat para dewa-dewi Yunani tinggal) untuk menjadi pembawa minuman bagi para dewa-dewi.

2. Aquila.

Aquila
Aquila

Aquila adalah seekor elang dalam mitologi Yunani yang membawa Ganymede terbang ke Gunung Olympus. Elang ini juga adalah pengangkut petir Zeus. Rasi bintang ini ada di gugusan sabuk Bimasakti. Bintang yang paling populer di konstelasi ini merupakan Bintang Altair, dan adalah salah satu bintang terdekat dengan Bumi yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

3. Aries.

Aries
Aries

Ketika banyak dari rasi bintang lainnya muncul divisualisasikan dalam bentuk yang berbeda antara mitologi satu dengan lainnya, Aries di mitologi manapun selalu berbentuk domba. Rasi bintang ini juga merupakan satu dari 12 rasi bintang yang membentuk zodiak yang kita kenal selama ini. Dalam mitologi Yunani, Aries adalah perwujudan dari domba berbulu emas. Bulu emas sendiri merupakan simbol dari raja dan kepemimpinan, serta memegang peran penting dalam dongeng Jason and the Argonauts. Aries hanya terbentuk oleh 4 atau 5 bintang yang terlihat oleh mata kita. Bintang terbesarnya adalah Hamal, yang juga termasuk dalam kategori bintang Oranye Raksasa (Orange Giant).

4. Canis Major.

Canis Major
Canis Major

Canis Major melambangkan anjing Yunani yang populer, Laelaps. Ada sjumlah cerita mengenai anjing ini, Tetapi yang paling sering diketahui merupakan anjing itu sangat cepat sampai diangkat naik ke langit oleh Zeus. Laelaps juga salah satu dari anjing pemburu milik Orion, yang selalu mengikutinya di langit malam untuk memburu Taurus sang banteng.

5. Cassiopeia.

Cassiopeia
Cassiopeia

Dalam mitologi Yunani, Cassiopeia merupakan seorang ratu sombong yang sangat membanggakan kecantikan dirinya. Dia merupakan ibu dari Andromeda. Berbeda dengan bentuk indahnya di langit malam, dia ternyata dipaksa untuk naik ke alam surgawi sebagai bentuk hukuman, bukan anugerah. Dia berkoar-koar bahwa kecantikannya melebihi nimfa laut (duyung wanita). Sebab kesombongannya itulah dia dihukum untuk terus berada di langit agar kecantikannya dinikmati banyak orang. Dengan bentuk “W” yang berisikan 5 bintang, Cassiopeia adalah salah satu rasi bintang yang mudah dipahami di langit malam akhir musim gugur dan awal musim dingin.